Pages

Kamis, 16 Agustus 2012

Rpp SBK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   : 
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                  : VI/ II
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit (1 x pertemuan)

I.          Standar  Kompetensi
9. Mengapresiasi  karya seni rupa

II.          Kompetensi Dasar :
9.1  Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain 

III.          Indikator
1.        Mengamati beberapa gambar/foto  ragam hias batik Nusantara daerah lain
2.        Mengapresiasi ragam hias batik Nusantara daerah lain

IV.          Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat :
1.        Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa daerah Papua, Toraja, Kalimantan Timur, Aceh dan Bali
2.        Mengapresiasi motif hias batik daerah Papua, Toraja, Kalimantan Timur, Aceh dan Bali

V.            Karakter siswa yang diharapkan :  
1.      Disiplin ( Discipline )
2.      Tekun ( diligence )
3.      Tanggung jawab ( responsibility )
4.      Ketelitian ( carefulness)
5.      Kerja sama ( Cooperation )
6.      Percaya diri ( Confidence )

VI.          Materi Ajar
Karya Seni Rupa : Mengapresiasi keunikan motif hias nusantara

VII.          Metode Pembelajaran
1.      apersepsi (pengamatan)
2.      ekspositori (menerangkan)
3.      tanya jawab
4.      latihan
5.      Diskusi

VIII.          Model Pembelajaran
INKUIRI

IX.          Langkah-langkah Pembelajaran
A.      Kegiatan awal
1.    Doa
2.    Presensi
3.    Apersepsi dengan bertanya : Apakah kalian pernah melihat atau mempunyai sarung yang bermotif hewan , tumbuhan, manusia atau tidak beraturan ?
4.    Melakukan pengamatan gambar/foto berbagai motif hias Nusantara
B.       Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
1.1  Siswa  dapat membedakan jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain (Papua, Toraja, Kalimantan Timur, Aceh, dan Bali)
1.2  Siswa mendengarkan penjelasan tentang motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain (Papua, Toraja, Kalimantan Timur, Aceh, dan Bali)
2.    Elaborasi
2.1    Siswa berkelompok 5 orang dan setiap kelompok diberi satu buah gambar motif hias nusantara.
2.2    Siswa secara berkelompok mengapresiaisi motif hias nusantara tersebut
2.3    Seteh selesai mengapresiasi setiap siswa setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi
2.4    Kelompok yang lain menanggapi hasil presentasi dari setiap kelompok
2.5    Guru memberikan pertanyaan kepada setiap kelompok
3.         Konfirmasi
3.1  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
3.2  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.    Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
1.      Memberikan latihan soal
2.      Memberikan Pekerjaan Rumah menggambar salah satu motif hias nusantara
3.      Menutup pelajaran

X.          Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Silabus SBK kelas 6
·         Buku paket BSE SBK hal 75 - 77
·         Gambar atau foto

XI.            Penilaian
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.

Praktek


Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1






 LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                               Semarang,     November 2011
                      Mengetahui                                                                             
        Dosen Pendidikan Seni Rupa                                                      Simulator



         

            Masitah, S.Pd.MPd.                                                                Nur Ardianzah
  NIP :                                                                                        NIM :1401410211



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                  : VI/ II
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit


I.          Standar  Kompetensi
9. Mengapresiasi  karya seni rupa

II.          Kompetensi Dasar :
9.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah lain

II.

Tujuan Pembelajaran**
Mengapresiasi keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Karya Seni Rupa

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias batik Nusantara daerah lain
Kegiatan Inti
3.3              Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat Mengapresiasi keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
3.4              Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
3.5              Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI.Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·         Model karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar atau foto





VII.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·       
praktek
praktek
Buatkan keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Madrasah                                                 Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                  : VI/ II
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :
10.1 Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi suasana alam sekitar

II. Tujuan Pembelajaran**
Membuat gambar ilustrasi dengan tema suasana alam sekitar

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Gambar Ilustrasi Alam Sekitar

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  demontrasi (peragaan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan beberapa gambar ilustrasi alam sekitar
Kegiatan Inti
3.6              Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat Membuat gambar ilustrasi dengan tema suasana alam sekitar
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
3.7              Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
3.8              Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Menutup pelajaran

VI.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·         Gambar

VII.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Mengamati beberapa gambar/foto ilustrasi suasana alam sekitar
·      Membuat gambar ilustrasi dengan tema suasana alam sekitar
Praktek
Praktek
Buat kan gambar ilustrasi dengan tema suasana alam sekitar.
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Madrasah                                                 Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                  : VI/ II
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :
10.2 Menyiapkan karya seni rupa yang dibuat untuk pameran kelas

II. Tujuan Pembelajaran**
Mempersiapkan pameran karya seni rupa di kelas

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Pameran

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  ekspositori (menerangkan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Menjelaskan beberapa persiapan untuk mengadakan sebuah pameran karya seni rupa
Kegiatan Inti
3.9              Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat Mempersiapkan pameran karya seni rupa di kelas
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
3.10          Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membentuk kelompok siswa sebagai peserta pameran
F Membentuk panitia pameran
F Menyiapkan semua karya seni rupa yang akan dipamerkan
F Mengelompokkan karya seni rupa sesuai dengan jenisnya
3.11          Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memeriksa kembali persiapan yang telah dilakukan
F Menutup pelajaran

VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo

VII.  Penilaian
          Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Membentuk kelompok siswa
·      Membentuk panitia pameran
·      Menyiapkan semua karya seni rupa yang telah dibuat
·      Mengklasifikasi karya seni rupa yang telah dibuat

Praktek
Praktek
Buatkan karya seni rupa

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1



&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Madrasah                                                 Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                  : VI/ II
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :
10.3 Menata karya seni rupa yang dibuat dalam bentuk pameran kelas/sekolah

II. Tujuan Pembelajaran**
Mengadakan pameran karya seni rupa di kelas/sekolah

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Pameran

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  demontrasi (peragaan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1.  Memeriksa kembali bahan dan perlengkapan pameran
Kegiatan Inti
3.12          Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat Mengadakan pameran karya seni rupa di kelas/sekolah
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
3.13          Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
3.14          Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan penilaian
F Menutup pameran

VI.Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo

VII.  Penilaian
          Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Membuat denah pameran
·      Menyiapkan semua karya seni rupa yang telah dibuat
·      Menata karya seni rupa sesuai dengan jenisnya
Praktek
Praktek
Buatkan cara Menata karya seni rupa sesuai dengan jenisnya




FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Madrasah                                                 Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                  : VI/ II
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

SENI MUSIK
Standar  Kompetensi
11.  Mengapresiasi karya  seni musik

I.    Kompetensi Dasar :
11.1 Membandingkan berbagai lagu dan musik Nusantara

II. Tujuan Pembelajaran**
Mengenal, menghapal dan membandingkan lagu dan musik daerah Nusantara

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Ragam Lagu Daerah Nusantara

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  demontrasi (peragaan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengenalkan beberapa lagu daerah Nusantara
Kegiatan Inti
3.15          Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat Mengenal, menghapal dan membandingkan lagu dan musik daerah Nusantara
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
3.16          Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menghapal beberapa lagu daerah Nusantara
F Menyanyikan beberapa lagu daerah Nusantara  
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
3.17          Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan tugas menghapal beberapa lagu daerah Nusantara
F Menutup pelajaran

VI.Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·         Kaset/CD lagu daerah Nusantara

VII.  Penilaian
          Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·  Mengenal, menghapal dan membandingkan lagu dan musik daerah Nusantara

Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Sebutkan beberapa lagu dan musik daerah Nusantara


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Madrasah                                                 Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                  : VI/ II
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

SENI MUSIK
Standar  Kompetensi
11.  Mengapresiasi karya  seni musik

I.    Kompetensi Dasar :
11.2  Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai lagu dan musik Nusantara

II. Tujuan Pembelajaran**
Mengapresiasi beberapa lagu dan musik Nusantara

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
         Apresiasi musik dan lagu wajib dan daerah Nusantara

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  demontrasi (peragaan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengenal beberapa lagu dan musik daerah Nusantara
Kegiatan Inti
3.18          Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat  Mengapreasiasi beberapa lagu dan musik daerah Nusantara
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
3.19          Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyanyikan beberapa lagu daerah Nusantara
F Memainkan beberapa alat musik daerah Nusantara
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
3.20          Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan tugas menghapal beberapa lagu daerah Nusantara
F Menutup pelajaran

VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·         Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

VII.  Penilaian
          Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·  Mengapresiasi beberapa lagu dan musik Nusantara

Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Beberapakan lagu dan musik daerah Nusantara

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Madrasah                                                 Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                  : VI/ II
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

SENI MUSIK
Standar  Kompetensi
12.  Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

I.    Kompetensi Dasar :
12.1 Memainkan alat musik ritmis dan melodis

II. Tujuan Pembelajaran**
Mengenal dan memainkan alat musik ritmis dan melodis

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Alat Musik Ritmis dan Melodis

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  demontrasi (peragaan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengenal beberapa alat musik ritmis dan melodis
Kegiatan Inti
3.21          Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat  Menjelaskan cara memainkan alat ritmis dan melodis
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
3.22          Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memainkan alat musik ritmis dan melodis
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
3.23          Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan tugas untuk berlatih memainkan alat musik
F Menutup pelajaran

VI.Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·         Alat musik

VII.  Penilaian
          Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·  Mengenal dan memainkan alat musik ritmis dan melodis
Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Jelaskan teknik memainkan beberapa alat musik ritmis dan melodis


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1



&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Madrasah                                                 Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                  : VI/ II
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

SENI MUSIK
Standar  Kompetensi
12.  Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

I.    Kompetensi Dasar :
12.2  Menyiapkan  pertunjukan  lagu daerah Nusantara dengan iringan musik sederhana

II. Tujuan Pembelajaran**
Mempersiapkan pertunjukkan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Pertunjukkan

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  ekspositori (menerangkan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Menjelaskan pertunjukkan yang akan digelar
Kegiatan Inti
3.24          Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat  Mempersiapkan pertunjukkan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
3.25          Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membentuk kelompok latihan
F Memberikan petunjuk dan bimbingan di dalam persiapan
F Melakukan latihan/persiapan
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
3.26          Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan tugas untuk berlatih di rumah
F Menutup pelajaran

VI.Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·         Kaset/CD lagu daerah Nusantara

VII.  Penilaian
          Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·  Mempersiapkan pertunjukkan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana

Praktek
Praktek
latihan persiapan pertunjukkan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana 


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Madrasah                                                 Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                  : VI/ II
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

SENI MUSIK
Standar  Kompetensi
12.  Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

I.    Kompetensi Dasar :
12.3 Mementaskan pertunjukan nyanyian  lagu daerah dan lagu Nusantara dengan iringan musik sederhana

II. Tujuan Pembelajaran**
   Mengadakan pertunjukkan  lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana di kelas atau di sekolah

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Pertunjukkan

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  demontrasi (peragaan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Memeriksan kembali persiapan alat dan peserta
Kegiatan Inti
3.27          Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat  Mementaskan pertunjukan nyanyian  lagu daerah dan lagu Nusantara dengan iringan musik sederhana
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
3.28          Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengadakan pertunjukkan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana di kelas atau di sekolah
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
3.29          Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan penilaian
F Menutup pertunjukkan

VI.Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·         Kaset/CD lagu daerah Nusantara

VII.  Penilaian
                    Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·  Mengadakan pertunjukkan  lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana di kelas atau di sekolah
Praktek
Praktek
Praktek cara Mementaskan petunjukkan lagu daerah Nusantara dengan iringan musik sederhana di kelas atau di sekolah

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Madrasah                                                 Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                  : VI/ II
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

SENI TARI
Standar  Kompetensi
13. Mengapresiasi karya seni tari

I.    Kompetensi Dasar :
13.1 Membandingkan pola lantai gerak tari Nusantara

II. Tujuan Pembelajaran**
Mengenal dan membedakan pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Tari Bertema

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
         3.  ekspositori (menerangkan)
         4.  Diskusi

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1. Melakukan pengamatan gambar, foto dan film tentang pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara
Kegiatan Inti
3.30          Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat  Mengenal dan membedakan pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
3.31          Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara
F Mengeksposisi tentang pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara
F Diskusi
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
3.32          Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·         CD Film dokumenter
·         Gambar atau foto

VII.  Penilaian
          Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Mengamati gambar , foto atau film tentang pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara
·   Mengidentifikasi pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara
·   Membandingkan pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara
Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Bandingkan pola lantai gerak tari Nusantara

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Madrasah                                                 Guru Mapel SBK


          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                  : VI/ II
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

SENI TARI
Standar  Kompetensi
13. Mengapresiasi karya seni tari

I.    Kompetensi Dasar :
13.2 Menganalisis pola lantai gerak tari Nusantara berdasarkan pengamatan

II. Tujuan Pembelajaran**
Menganalisa pola lantai gerak tari Nusantara berdasarkan pengamatan

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Apresiasi Tari

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
         3.  ekspositori (menerangkan)
         4.  diskusi

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar, foto dan film tentang pola lantai gerak tari Nusantara
Kegiatan Inti
3.33          Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat  Menganalisa pola lantai gerak tari Nusantara berdasarkan pengamatan
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
3.34          Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat catatan dari hasil pengamatan
F Mengeksposisi tentang pola lantai gerak tari Nusantara
F Tanya jawab
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
3.35          Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·         CD Film dokumenter
·         Gambar atau foto

VII.  Penilaian
          Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Mengamati gambar , foto atau film dokumenter tentang pola lantai gerak tari Nusantara
·   Membandingkan pola lantai gerak tari Nusantara
·   Menganalisis pola lantai gerak tari Nusantara
Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Jelaskan pola lantai gerak tari Nusantara berdasarkan pengamatan
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1
 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Madrasah                                                 Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                  : VI/ II
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

SENI TARI
Standar  Kompetensi
14. Mengekspresikan diri melalui seni tari

I.    Kompetensi Dasar :
14.1 Memeragakan tari Nusantara dengan pola lantai secara berkelompok

II. Tujuan Pembelajaran**
Melakukan peragaan tari Nusantara dengan pola lantai secara berkelompok

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Tari Daerah

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  demontrasi (peragaan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1. Memeriksa persiapan peserta dan perlengkapannya 
Kegiatan Inti
3.36          Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat  Melakukan peragaan tari Nusantara dengan pola lantai secara berkelompok
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
3.37          Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Peragaan tari
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
3.38          Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Menutup peragaan

VI.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·         Kaset/CD lagu dan musik

VII.  Penilaian
          Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Mengamati gambar , foto atau film dokumenter tentang pola lantai gerak tari  Nusantara
·   Menirukan gerakan tari Nusantara dengan pola lantai
·   Memeragakan tari Nusantara dengan pola lantai
Praktek
Praktek
Praktekkan tari Nusantara dengan pola lantai secara berkelompok

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Madrasah                                                 Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                  : VI/ II
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

SENI TARI
Standar  Kompetensi
14. Mengekspresikan diri melalui seni tari

I.    Kompetensi Dasar :
14.2 Menyiapkan pertunjukan tari Nusantara di sekolah

II. Tujuan Pembelajaran**
Mempersiapkan pertunjukkan tari Nusantara di sekolah

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Tari Daerah

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  demontrasi (peragaan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Menjelaskan tentang pertunjukkan tari yang akan dilaksanakan
Kegiatan Inti
3.39          Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat  Mempersiapkan pertunjukkan tari Nusantara di sekolah
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
3.40          Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membentuk kelompok latihan
F Memberikan petunjuk dan bimbingan dalam latihan
F Melakukan latihan dengan baik dan benar
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
3.41          Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan tugas untuk berlatih di rumah
F Menutup latihan

VI.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·         CD Film dokumenter

VII.  Penilaian
                    Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Melakukan latihan persiapan pertunjukkan tari Nusantara di sekolah
Praktek
Praktek
Memeragakan tari Nusantara di sekolah

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Madrasah                                                 Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                  : VI/ II
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

SENI TARI
Standar  Kompetensi
14. Mengekspresikan diri melalui seni tari

I.    Kompetensi Dasar :
14.3 Menggelar pertunjukan tari Nusantara di sekolah

II. Tujuan Pembelajaran**
Mengadakan pertunjukkan beberapa tarian Nusantara 

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Tari Daerah

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  demontrasi (peragaan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1. Memeriksa persiapan peserta dan perlengkapannya 
Kegiatan Inti
3.42          Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat  Mengadakan pertunjukkan beberapa tarian Nusantara 
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
3.43          Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Pementasan
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
3.44          Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Menutup pementasan

VI.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·         Kaset/CD lagu dan musik

VII.  Penilaian
          Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Melakukan latihan persiapan pertunjukkan tari Nusantara di sekolah
Praktek
Praktek
Memeragakan tari Nusantara di sekolah

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.

Praktek


Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Madrasah                                                 Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                  : VI/ II
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

KETERAMPILAN
Standar  Kompetensi
15. Mengapresiasi Karya Kerajinan

I.    Kompetensi Dasar :
15.1  Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan benda mainan beroda

II. Tujuan Pembelajaran**
Menjelaskan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan benda mainan beroda

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Model Benda Beroda

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
         3.  ekspositori (menerangkan)
         4.  diskusi

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1.  Melakukan pengamatan gambar, foto atau model kerajinan kerajinan benda mainan beroda
Kegiatan Inti
3.45          Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat  Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan kerajinan benda mainan beroda
F Mengeksposisi tentang tentang kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan kerajinan benda mainan beroda
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
3.46          Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Diskusi
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
3.47          Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·         Model karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar atau foto

VII.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Mengamati gambar, foto atau model benda mainan beroda
·      Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan dan keindahan karya kerajinan benda mainan beroda

Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Sebutkan fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan benda mainan beroda
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1
 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Madrasah                                                 Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                  : VI/ II
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

KETERAMPILAN
Standar  Kompetensi
15. Mengapresiasi Karya Kerajinan

I.    Kompetensi Dasar :
15.2  Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan benda mainan beroda

II. Tujuan Pembelajaran**
Mengapresiasi karya kerajinan benda mainan beroda

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Model Benda Beroda

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
         3.  ekspositori (menerangkan)
         4.  diskusi

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1.  Melakukan pengamatan gambar, foto atau model mainan benda beroda
Kegiatan Inti
3.48          Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengeksposisi tentang tentang kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan kerajinan benda mainan beroda
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
3.49          Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Diskusi
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
3.50          Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·         Model karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar atau foto

VII.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Mengamati gambar, foto atau model benda mainan beroda
·      Mengapresiasi keindahan karya kerajinan benda mainan beroda

Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Jelaskan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan benda mainan beroda





FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Madrasah                                                 Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                  : VI/ II
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

KETERAMPILAN
Standar  Kompetensi
16.   Membuat karya kerajinan dan benda permainan

I.    Kompetensi Dasar :
      16.1  Merancang benda mainan beroda

II. Tujuan Pembelajaran**
Membuat rancangan benda mainan beroda

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Membuat Model Benda Beroda

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  demontrasi (peragaan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1.  Melakukan pengamatan gambar, foto atau model benda mainan beroda
Kegiatan Inti
3.51          Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat  Merancang benda mainan beroda
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
3.52          Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat rancangan benda mainan beroda
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
3.53          Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan penilaian
F Menutup pelajaran

VI.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·         Model karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar atau foto

VII.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Mengamati gambar, foto atau model benda mainan beroda
·      Menjelaskan teknik dan bahan pembuatan benda mainan beroda
·      Merancang benda mainan beroda
Praktek
Praktek
Rancangkan benda mainan beroda
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Madrasah                                                 Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                  : VI/ II
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

KETERAMPILAN
Standar  Kompetensi
16.   Membuat karya kerajinan dan benda permainan

I.    Kompetensi Dasar :
      16.2  Membuat benda mainan beroda

II. Tujuan Pembelajaran**
Membuat karya mainan beroda

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Membuat Model Benda Beroda

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  demontrasi (peragaan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1. Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam benda mainan beroda
Kegiatan Inti
3.54          Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat  Membuat karya kerajinan dan benda permainan
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
3.55          Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat benda mainan beroda
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
3.56          Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan penilaian
F Menutup pelajaran

VI.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·         Model karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar atau foto

VII.  Penilaian
          Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Menyiapkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat mainan beroda
·      Membuat benda mainan beroda dengan baik
Praktek
Praktek
Buatkan benda mainan beroda

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1



&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Madrasah                                                 Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar