RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah :
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
VI/ II
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit (1 x pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
9. Mengapresiasi karya seni rupa
II.
Kompetensi
Dasar :
9.1 Mengidentifikasi
jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
III.
Indikator
1.
Mengamati
beberapa gambar/foto ragam hias batik Nusantara daerah lain
2.
Mengapresiasi ragam hias batik Nusantara daerah lain
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini,
diharapkan siswa dapat :
1.
Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa daerah Papua,
Toraja, Kalimantan Timur, Aceh dan Bali
2.
Mengapresiasi motif hias batik daerah Papua, Toraja, Kalimantan Timur,
Aceh dan Bali
V.
Karakter
siswa yang diharapkan :
1.
Disiplin ( Discipline )
2.
Tekun ( diligence )
3.
Tanggung jawab ( responsibility )
4.
Ketelitian ( carefulness)
5.
Kerja sama ( Cooperation
)
6.
Percaya diri ( Confidence )
VI.
Materi Ajar
Karya Seni Rupa :
Mengapresiasi keunikan motif hias nusantara
VII.
Metode
Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
5. Diskusi
VIII.
Model
Pembelajaran
INKUIRI
IX.
Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan awal
1. Doa
2. Presensi
3. Apersepsi dengan bertanya :
Apakah kalian pernah melihat atau mempunyai sarung yang bermotif hewan ,
tumbuhan, manusia atau tidak beraturan ?
4. Melakukan pengamatan
gambar/foto berbagai motif hias Nusantara
B. Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
1.1 Siswa dapat
membedakan jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain (Papua, Toraja, Kalimantan Timur, Aceh, dan
Bali)
1.2 Siswa mendengarkan penjelasan tentang motif hias
pada karya seni rupa Nusantara daerah lain (Papua, Toraja, Kalimantan Timur, Aceh, dan Bali)
2. Elaborasi
2.1 Siswa berkelompok 5 orang dan setiap kelompok diberi
satu buah gambar motif hias nusantara.
2.2 Siswa secara berkelompok mengapresiaisi motif hias
nusantara tersebut
2.3 Seteh selesai mengapresiasi setiap siswa setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi
2.4 Kelompok yang lain menanggapi hasil presentasi
dari setiap kelompok
2.5 Guru memberikan pertanyaan kepada setiap kelompok
3.
Konfirmasi
3.1 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
3.2 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
C.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
1.
Memberikan
latihan soal
2.
Memberikan
Pekerjaan Rumah menggambar salah satu motif hias nusantara
3.
Menutup
pelajaran
X.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
·
Silabus SBK kelas 6
·
Buku paket BSE SBK hal 75 - 77
·
Gambar atau foto
XI.
Penilaian
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Semarang, November 2011
Mengetahui
Dosen Pendidikan Seni Rupa Simulator
Masitah,
S.Pd.MPd. Nur Ardianzah
NIP : NIM :1401410211
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
VI/ II
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
I.
Standar Kompetensi
9. Mengapresiasi karya seni rupa
II.
Kompetensi
Dasar :
9.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif
hias karya seni rupa Nusantara daerah lain
II.
Tujuan Pembelajaran**
Mengapresiasi
keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Karya Seni Rupa
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
ekspositori (menerangkan)
3.
tanya jawab
4.
latihan
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan
pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias batik Nusantara daerah lain
Kegiatan Inti
3.3
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Mengapresiasi keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
3.4
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
3.5
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran
VI.Alat/Bahan dan
Sumber Belajar
·
Buku paket SBK standar isi 2006
·
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
Model karya seni rupa tiga dimensi
·
Gambar atau foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
|
praktek
|
praktek
|
Buatkan
keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
VI/ II
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar Kompetensi
10. Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
10.1 Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi suasana
alam sekitar
II. Tujuan
Pembelajaran**
Membuat
gambar ilustrasi dengan tema suasana alam sekitar
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Gambar Ilustrasi Alam Sekitar
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan
pengamatan beberapa gambar ilustrasi alam sekitar
Kegiatan Inti
3.6
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Membuat gambar ilustrasi
dengan tema suasana alam sekitar
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
3.7
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
3.8
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Menutup pelajaran
VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·
Buku paket SBK standar isi 2006
·
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
Gambar
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Mengamati beberapa gambar/foto ilustrasi
suasana alam sekitar
· Membuat gambar ilustrasi dengan tema
suasana alam sekitar
|
Praktek
|
Praktek
|
Buat kan
gambar ilustrasi dengan tema suasana alam sekitar.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
VI/ II
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar Kompetensi
10. Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
10.2 Menyiapkan karya seni rupa yang
dibuat untuk pameran kelas
II. Tujuan Pembelajaran**
Mempersiapkan
pameran karya seni rupa di kelas
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Pameran
IV. Metoda Pembelajaran
1.
ekspositori (menerangkan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Menjelaskan
beberapa persiapan untuk mengadakan sebuah pameran karya seni rupa
Kegiatan Inti
3.9
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Mempersiapkan pameran karya seni rupa di kelas
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
3.10
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membentuk kelompok siswa sebagai peserta pameran
F Membentuk panitia pameran
F Menyiapkan semua karya seni rupa yang akan
dipamerkan
F Mengelompokkan karya seni rupa sesuai dengan
jenisnya
3.11
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memeriksa kembali persiapan yang telah dilakukan
F Menutup pelajaran
VI. Alat/Bahan dan
Sumber Belajar
·
Buku paket SBK standar isi 2006
·
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Membentuk kelompok siswa
· Membentuk panitia pameran
· Menyiapkan semua karya seni rupa yang
telah dibuat
· Mengklasifikasi karya seni rupa yang
telah dibuat
|
Praktek
|
Praktek
|
Buatkan
karya seni rupa
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
* sebagian
besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
VI/ II
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar Kompetensi
10. Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
10.3 Menata karya seni rupa yang dibuat dalam bentuk
pameran kelas/sekolah
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengadakan
pameran karya seni rupa di kelas/sekolah
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Pameran
IV. Metoda Pembelajaran
1.
demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1. Memeriksa kembali bahan dan perlengkapan
pameran
Kegiatan Inti
3.12
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Mengadakan pameran karya seni rupa di kelas/sekolah
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
3.13
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
3.14
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan penilaian
F Menutup pameran
VI.Alat/Bahan dan
Sumber Belajar
·
Buku paket SBK standar isi 2006
·
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Membuat denah pameran
· Menyiapkan semua karya seni rupa yang
telah dibuat
· Menata karya seni rupa sesuai dengan
jenisnya
|
Praktek
|
Praktek
|
Buatkan
cara Menata karya seni rupa sesuai dengan jenisnya
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
VI/ II
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
SENI MUSIK
Standar Kompetensi
11. Mengapresiasi
karya seni musik
I. Kompetensi Dasar :
11.1 Membandingkan berbagai lagu dan
musik Nusantara
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengenal,
menghapal dan membandingkan lagu dan musik daerah Nusantara
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Ragam Lagu Daerah Nusantara
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengenalkan
beberapa lagu daerah Nusantara
Kegiatan Inti
3.15
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Mengenal, menghapal dan membandingkan lagu dan musik daerah
Nusantara
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
3.16
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menghapal beberapa lagu daerah Nusantara
F Menyanyikan beberapa lagu daerah Nusantara
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
3.17
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan tugas menghapal beberapa lagu daerah
Nusantara
F Menutup pelajaran
VI.Alat/Bahan dan
Sumber Belajar
·
Buku paket SBK standar isi 2006
·
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
Kaset/CD lagu daerah Nusantara
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Mengenal, menghapal dan membandingkan
lagu dan musik daerah Nusantara
|
Tes lisan dan tulisan
|
Isian dan uraian
|
Sebutkan beberapa lagu dan musik
daerah Nusantara
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
VI/ II
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
SENI MUSIK
Standar Kompetensi
11. Mengapresiasi
karya seni musik
I. Kompetensi Dasar :
11.2 Menampilkan
sikap apresiatif terhadap berbagai lagu dan musik Nusantara
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengapresiasi
beberapa lagu dan musik Nusantara
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Apresiasi musik dan lagu wajib dan
daerah Nusantara
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengenal
beberapa lagu dan musik daerah Nusantara
Kegiatan Inti
3.18
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Mengapreasiasi beberapa
lagu dan musik daerah Nusantara
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
3.19
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyanyikan beberapa lagu daerah Nusantara
F Memainkan beberapa alat musik daerah Nusantara
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
3.20
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan tugas menghapal beberapa lagu daerah
Nusantara
F Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan
Sumber Belajar
·
Buku paket SBK standar isi 2006
·
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Mengapresiasi beberapa
lagu dan musik Nusantara
|
Tes lisan dan tulisan
|
Isian dan uraian
|
Beberapakan
lagu dan musik daerah Nusantara
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
VI/ II
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
SENI MUSIK
Standar Kompetensi
12. Mengekspresikan diri melalui
karya seni musik
I. Kompetensi Dasar :
12.1 Memainkan alat musik ritmis dan melodis
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengenal
dan memainkan alat musik ritmis dan melodis
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Alat Musik Ritmis dan Melodis
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
ekspositori (menerangkan)
3.
demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengenal
beberapa alat musik ritmis dan melodis
Kegiatan Inti
3.21
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Menjelaskan cara memainkan
alat ritmis dan melodis
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
3.22
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memainkan alat musik ritmis dan melodis
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
3.23
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan tugas untuk berlatih memainkan alat
musik
F Menutup pelajaran
VI.Alat/Bahan dan
Sumber Belajar
·
Buku paket SBK standar isi 2006
·
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
Alat musik
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Mengenal dan memainkan alat musik ritmis dan melodis
|
Tes lisan dan tulisan
|
Isian dan uraian
|
Jelaskan
teknik memainkan beberapa alat musik ritmis dan melodis
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
VI/ II
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
SENI MUSIK
Standar Kompetensi
12. Mengekspresikan diri melalui
karya seni musik
I. Kompetensi Dasar :
12.2 Menyiapkan pertunjukan
lagu daerah Nusantara dengan iringan musik sederhana
II. Tujuan
Pembelajaran**
Mempersiapkan
pertunjukkan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Pertunjukkan
IV. Metoda Pembelajaran
1.
ekspositori (menerangkan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Menjelaskan pertunjukkan yang akan digelar
Kegiatan Inti
3.24
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Mempersiapkan pertunjukkan
lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
3.25
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membentuk kelompok latihan
F Memberikan petunjuk dan bimbingan di dalam
persiapan
F Melakukan latihan/persiapan
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
3.26
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan tugas untuk berlatih di rumah
F Menutup pelajaran
VI.Alat/Bahan dan
Sumber Belajar
·
Buku paket SBK standar isi 2006
·
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
Kaset/CD lagu daerah Nusantara
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Mempersiapkan pertunjukkan lagu
daerah Nusantara dengan iringan sederhana
|
Praktek
|
Praktek
|
latihan
persiapan pertunjukkan lagu
daerah Nusantara dengan iringan sederhana
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
VI/ II
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
SENI MUSIK
Standar Kompetensi
12. Mengekspresikan diri melalui
karya seni musik
I. Kompetensi Dasar :
12.3 Mementaskan pertunjukan
nyanyian lagu daerah dan lagu Nusantara
dengan iringan musik sederhana
II. Tujuan
Pembelajaran**
Mengadakan
pertunjukkan lagu
daerah Nusantara dengan iringan sederhana di kelas atau di sekolah
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Pertunjukkan
IV. Metoda Pembelajaran
1.
demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Memeriksan kembali persiapan alat dan peserta
Kegiatan Inti
3.27
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Mementaskan pertunjukan nyanyian lagu daerah dan lagu Nusantara dengan iringan
musik sederhana
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
3.28
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengadakan pertunjukkan lagu daerah Nusantara
dengan iringan sederhana di kelas atau di sekolah
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
3.29
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan penilaian
F Menutup pertunjukkan
VI.Alat/Bahan dan
Sumber Belajar
·
Buku paket SBK standar isi 2006
·
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
Kaset/CD lagu daerah Nusantara
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Mengadakan pertunjukkan lagu daerah Nusantara dengan iringan
sederhana di kelas atau di sekolah
|
Praktek
|
Praktek
|
Praktek cara Mementaskan petunjukkan lagu daerah
Nusantara dengan iringan musik sederhana di kelas atau di sekolah
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
* sebagian
besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
VI/ II
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
SENI TARI
Standar Kompetensi
13. Mengapresiasi karya seni tari
I. Kompetensi Dasar :
13.1 Membandingkan pola lantai gerak tari Nusantara
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengenal
dan membedakan pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Tari Bertema
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
3.
ekspositori (menerangkan)
4.
Diskusi
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1.
Melakukan pengamatan gambar, foto dan film tentang pola lantai gerak seni tari
daerah Nusantara
Kegiatan Inti
3.30
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Mengenal dan membedakan
pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
3.31
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang
pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara
F Mengeksposisi tentang pola lantai gerak seni tari
daerah Nusantara
F Diskusi
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
3.32
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran
VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·
Buku paket SBK standar isi 2006
·
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
CD Film dokumenter
·
Gambar atau foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Mengamati gambar , foto atau film
tentang pola lantai gerak seni tari daerah Nusantara
· Mengidentifikasi pola lantai gerak seni tari
daerah Nusantara
· Membandingkan pola lantai gerak seni
tari daerah Nusantara
|
Tes lisan dan tulisan
|
Isian dan uraian
|
Bandingkan pola lantai gerak tari
Nusantara
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
VI/ II
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
SENI TARI
Standar Kompetensi
13. Mengapresiasi karya seni tari
I. Kompetensi Dasar :
13.2 Menganalisis pola lantai gerak
tari Nusantara berdasarkan pengamatan
II. Tujuan Pembelajaran**
Menganalisa
pola lantai gerak tari Nusantara berdasarkan pengamatan
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Apresiasi Tari
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
3.
ekspositori (menerangkan)
4.
diskusi
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan
pengamatan gambar, foto dan film tentang pola lantai gerak tari Nusantara
Kegiatan Inti
3.33
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Menganalisa pola lantai
gerak tari Nusantara berdasarkan pengamatan
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
3.34
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat catatan dari hasil pengamatan
F Mengeksposisi tentang pola lantai gerak tari
Nusantara
F Tanya jawab
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
3.35
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran
VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·
Buku paket SBK standar isi 2006
·
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
CD Film dokumenter
·
Gambar atau foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Mengamati gambar , foto atau film
dokumenter tentang pola lantai gerak tari Nusantara
· Membandingkan pola lantai gerak tari
Nusantara
· Menganalisis pola lantai gerak tari
Nusantara
|
Tes lisan dan tulisan
|
Isian dan uraian
|
Jelaskan
pola lantai gerak tari Nusantara berdasarkan pengamatan
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
VI/ II
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
SENI TARI
Standar Kompetensi
14. Mengekspresikan diri
melalui seni tari
I. Kompetensi Dasar :
14.1 Memeragakan tari Nusantara dengan pola lantai secara
berkelompok
II. Tujuan Pembelajaran**
Melakukan peragaan tari Nusantara dengan pola lantai
secara berkelompok
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Tari Daerah
IV. Metoda Pembelajaran
1.
demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1.
Memeriksa persiapan peserta dan perlengkapannya
Kegiatan Inti
3.36
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Melakukan peragaan tari
Nusantara dengan pola lantai secara berkelompok
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
3.37
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Peragaan tari
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
3.38
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F
Menutup
peragaan
VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·
Buku paket SBK standar isi 2006
·
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
Kaset/CD lagu dan musik
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Mengamati gambar , foto atau film
dokumenter tentang pola lantai gerak tari
Nusantara
· Menirukan gerakan tari Nusantara dengan
pola lantai
· Memeragakan tari Nusantara dengan pola
lantai
|
Praktek
|
Praktek
|
Praktekkan tari Nusantara dengan pola
lantai secara berkelompok
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
VI/ II
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
SENI TARI
Standar Kompetensi
14. Mengekspresikan diri
melalui seni tari
I. Kompetensi Dasar :
14.2 Menyiapkan pertunjukan tari
Nusantara di sekolah
II. Tujuan Pembelajaran**
Mempersiapkan pertunjukkan tari Nusantara di sekolah
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Tari Daerah
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Menjelaskan
tentang pertunjukkan tari yang akan dilaksanakan
Kegiatan Inti
3.39
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Mempersiapkan pertunjukkan
tari Nusantara di sekolah
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
3.40
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membentuk kelompok latihan
F Memberikan petunjuk dan bimbingan dalam latihan
F Melakukan latihan dengan baik dan benar
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
3.41
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan tugas untuk berlatih di rumah
F Menutup latihan
VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·
Buku paket SBK standar isi 2006
·
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
CD Film dokumenter
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Melakukan latihan persiapan pertunjukkan
tari Nusantara di sekolah
|
Praktek
|
Praktek
|
Memeragakan
tari Nusantara di sekolah
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
VI/ II
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
SENI TARI
Standar Kompetensi
14. Mengekspresikan diri melalui
seni tari
I. Kompetensi Dasar :
14.3 Menggelar pertunjukan tari Nusantara di sekolah
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengadakan pertunjukkan beberapa tarian Nusantara
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Tari Daerah
IV. Metoda Pembelajaran
1.
demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1.
Memeriksa persiapan peserta dan perlengkapannya
Kegiatan Inti
3.42
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Mengadakan pertunjukkan
beberapa tarian Nusantara
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
3.43
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Pementasan
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
3.44
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Menutup pementasan
VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·
Buku paket SBK standar isi 2006
·
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
Kaset/CD lagu dan musik
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Melakukan latihan persiapan pertunjukkan
tari Nusantara di sekolah
|
Praktek
|
Praktek
|
Memeragakan
tari Nusantara di sekolah
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
VI/ II
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
KETERAMPILAN
Standar Kompetensi
15. Mengapresiasi Karya Kerajinan
I. Kompetensi Dasar :
15.1 Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan
keindahan karya kerajinan benda mainan beroda
II. Tujuan Pembelajaran**
Menjelaskan
kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan benda mainan beroda
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Model Benda Beroda
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
3.
ekspositori (menerangkan)
4.
diskusi
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1. Melakukan
pengamatan gambar, foto atau model kerajinan kerajinan benda mainan beroda
Kegiatan Inti
3.45
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Memberikan catatan
deduktif-deskriptif tentang kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan
kerajinan benda mainan beroda
F Mengeksposisi tentang tentang kesesuaian fungsi,
kekuatan, dan keindahan kerajinan benda mainan beroda
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
3.46
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Diskusi
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
3.47
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran
VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·
Buku paket SBK standar isi 2006
·
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
Model karya seni rupa tiga dimensi
·
Gambar atau foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Mengamati gambar, foto atau
model benda mainan beroda
·
Mendeskripsikan kesesuaian
fungsi, kekuatan dan keindahan karya kerajinan benda mainan beroda
|
Tes lisan dan tulisan
|
Isian dan uraian
|
Sebutkan fungsi, kekuatan, dan keindahan karya
kerajinan benda mainan beroda
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
VI/ II
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
KETERAMPILAN
Standar Kompetensi
15. Mengapresiasi Karya Kerajinan
I. Kompetensi Dasar :
15.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya
kerajinan benda mainan beroda
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengapresiasi karya kerajinan benda
mainan beroda
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Model Benda Beroda
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
3.
ekspositori (menerangkan)
4.
diskusi
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1. Melakukan pengamatan gambar, foto atau model
mainan benda beroda
Kegiatan Inti
3.48
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengeksposisi tentang tentang kesesuaian fungsi,
kekuatan, dan keindahan kerajinan benda mainan beroda
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
3.49
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Diskusi
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya
diri peserta didik.
3.50
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran
VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·
Buku paket SBK standar isi 2006
·
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
Model karya seni rupa tiga dimensi
·
Gambar atau foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Mengamati gambar, foto atau
model benda mainan beroda
·
Mengapresiasi keindahan karya kerajinan benda mainan
beroda
|
Tes lisan dan tulisan
|
Isian dan uraian
|
Jelaskan
sikap apresiatif terhadap karya kerajinan benda mainan beroda
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
VI/ II
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
KETERAMPILAN
Standar Kompetensi
16. Membuat karya
kerajinan dan benda permainan
I. Kompetensi Dasar :
16.1 Merancang benda mainan beroda
II. Tujuan Pembelajaran**
Membuat rancangan benda mainan beroda
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Membuat Model Benda Beroda
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2.
ekspositori (menerangkan)
3.
demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1. Melakukan pengamatan gambar, foto atau model benda mainan beroda
Kegiatan Inti
3.51
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Merancang benda mainan beroda
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
3.52
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat rancangan benda mainan beroda
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
3.53
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F
Memberikan
penilaian
F
Menutup
pelajaran
VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·
Buku paket SBK standar isi 2006
·
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
Model karya seni rupa tiga dimensi
·
Gambar atau foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Mengamati
gambar, foto atau model benda mainan beroda
·
Menjelaskan
teknik dan bahan pembuatan benda mainan beroda
·
Merancang
benda mainan beroda
|
Praktek
|
Praktek
|
Rancangkan
benda mainan beroda
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
VI/ II
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
KETERAMPILAN
Standar Kompetensi
16. Membuat karya
kerajinan dan benda permainan
I. Kompetensi Dasar :
16.2 Membuat benda mainan beroda
II. Tujuan Pembelajaran**
Membuat karya mainan beroda
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Membuat Model Benda Beroda
IV. Metoda Pembelajaran
1.
demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1.
Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam benda mainan beroda
Kegiatan Inti
3.54
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik
dapat Membuat
karya kerajinan dan benda permainan
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
3.55
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat benda mainan beroda
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
3.56
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F
Memberikan
penilaian
F
Menutup
pelajaran
VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·
Buku paket SBK standar isi 2006
·
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
Model karya seni rupa tiga dimensi
·
Gambar atau foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Menyiapkan
alat dan bahan yang digunakan untuk membuat mainan beroda
·
Membuat benda mainan beroda
dengan baik
|
Praktek
|
Praktek
|
Buatkan benda mainan beroda
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar