Pages

Senin, 06 Agustus 2012

Komputer dan Internet dalam Pembelajaran


Komputer dan Internet dalam Pembelajaran

Sebelum membahas apa peran komputer dalam pembelajaran, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu komputer. Menurut wikipedia, komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Sejak ditemukannya internet yang tersambung dengan komputer, membuat komputer semakin vital dalam dunia pendidikan. Hampir setiap sekolah di berbagai tingkatan dari SD,SMP, maupun SMA sudah menggunakan internet. Siswa sudah dididik sedini mungkin untuk bisa menggunalkan internet secata bijaksana. Cara yang dicoba saat ini untuk memperkenalkan komputer dan internet adalah dengan “Edutainment”. Edutainment adalah memadukan antara pendidikan dan hiburan. Contohnya program permainan kombinasi benda, menyusun benda atau gambar (Puzzle) serta program berhitung dan software-software lain yang didukung perangkat multimedia..
Selain program aplikasi (software), dunia internet semakin berarti bagi dunia pendidikan. Internet memungkinkan penggunanya mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan ataupun informasi dari situssitus yang dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan waktu. Di samping itu masih ada manfaat lain yang didapat dari internet, misalnya surat menyurat (E-mail), berbincang (chatting), mengambil dan menyimpan informasi (download).
Yang menjadi masalah saat ini adalah kurang bijaksananya pengguna internet. Internet yang seharusnya digunakan untuk belajar bagi para pelajar, malah digunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Apalagi sekarang banyak situs-situs negatif yang dapat diaksese oleh para pelajar dengan mudah. Penyimpangan-penyimpangan yang ada di masyarakat pada saat ini menurut saya adalah salh
satu dampak dari penyalahgunaan internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar