Pages

Minggu, 02 September 2012

Jenis Gangguan dan cara Penanggulangan Gangguan Disiplin



Menurut Hollingsworth dan Hoover cara penanggulangan gangguan disiplin kelas yang dapat dijadikan petunjuk umum bagi guru dapat diuraikan sebagai berikut :
a.    Gangguan Percakapan
Guru dapat segera menegur dan memotivasi siswa tersebut. Guru juga dapat memberi pertanyaan pada siswa, meminta siswa mengajukan pertanyaan atau memberikan tugas secara khusus.
b.    Melempar Catatan
Beri peringatan secara baik dan beri nasehat terhadap siswa bahwa perbuatan itu akan merugikan diri sendiri.
c.    Gangguan Kebebasan yang Berlebihan di Antara Siswa
Guru berdialog dengan siswa dengan menyatakan bahwa kebebasan adalah hak setiap orang tetapi disamping hak ada juga kewajiban yang harus dipenuhi seperti kewajiban untuk tidak mengganggu orang lain.
d.   Gangguan Permusuhan antar Peserta Didik/Kelompok
Guru menasehati tentang efek yang ditimbulkan dengan adanya permusuhan dan mencari sebab timbulnya permusuhan.
e.    Gangguan Mencontek
Mencontek terjadi akibat ketidaksiapan peserta didik atau materi yang melampui batas. Peran guru adalah memberi motivasi dan materi/tugas yang sesuai kemampuan. Guru menasehati siswa dengan mengatakan bahwa mencontek akan mengurangi konsentrasi saat tes dan merupakan akibat dari tidak belajar.
f.     Gangguan Pengaduan
Disiplin kelas kadang-kadang terganggu pengaduan di samping adanya laporan dari peserta didik. Guru perlu berlaku bijaksana dalam menjelaskan kedua hak tersebut kepada siswa.
g.    Gangguan Tabiat Marah
Guru segera memisah siswa yang bertabiat marah terhadap siswa yang lain. Guru kemudian mencari sebab dan membantu menyelesaikan persoalannya.
h.    Gangguan penolakan Permohonan Guru
Permohonan dalam hal ini mengandung arti permohonan guru terhadap siswa untuk melakukan suatu hal. Berdialog dengan siswa secara terus-menerus, mencari alternatif lain, penciptaan suasana sejuk dan objektif adalah cara untuk menaggulanginya.
i.      Gangguan Perpindahan Situasi
Perpindahan situasi seperti perpindahan kelas, ganti jam pelajaran, perubahan jadwal, dll. Oleh karena itu perpindahan situasi harus diiringi dengan alternatif dan inisiatif lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar